Selasa, 29 Juli 2014

Volume 5 Chapter 4 : Night-Talk Deceive II




Pembicaraan Malam Menipu II

Musim panas telah berakhir.
Bahkan panas yang memuakkan dan suara jangkrik menghilang, meninggalkanku sendirian.
Berbaring di sebuah ruangan yang seperti gudang, hari ini lagi, aku tidak punya apapun kecuali untuk menjalani hidupku.
Sejak Ibu meninggal, aku telah dioper ke sana kemari seolah-olah aku adalah bola, dan pada akhirnya, ini adalah ruangan yang diberikan kepadaku.
Keluarga yang telah mengadopsiku adalah yang tampaknya dalah kerabat jauh dari ibuku, tapi hubungan kami sangat senjang, hampir seolah-olah kami tidak terikat oleh darah.

Dua bulan telah berlalu.
Meskipun aku menjadi satu-satunya yang selamat, aku tidak pernah terpikir akan kematian.
Ini adalah pertama kalinya aku menyadari - bahwa alasanku untuk hidup atau mati hanya ada di bawah persyaratan bahwa ibuku juga, ada.
Bahkan jika aku mati di sini, apa yang akan berubah?
Tidak peduli apa yang aku lakukan, aku tidak akan melihat Ibu lagi, jadi tidak ada gunanya.
Adapun, fakta bahwa aku adalah anak ibu tidak akan pernah berubah.
Jika aku, yang beruntung dapat selamat, akhirnya menyebabkan masalah untuk orang lain ... jika aku secara acak mati dan menyebabkan masalah, aku akan merasa kasihan pada Ibu sebagai gantinya.
Aku tidak akan mampu mengatasi sesuatu seperti itu.
Aku akan menjalani kehidupan normal, dan mengulangi hari-hari tanpa arti.
Sekarang, itu adalah hal yang paling masuk akal untuk dilakukan.

Saat aku berbaring, aku tidak sengaja mulai menatap langit-langit; dari jendela yang terbuka, angin sejuk bertiup ke dalam ruangan. 
Paling tidak, aku tidak akan terus seperti ini selamanya. 
Aku harus menjadi kuat, aku harus bekerja, aku harus makan. 
Aku harus buru-buru dan menjadi dewasa ... 
Saat aku memikirkan kata 「dewasa」, sesuatu dalam hatiku tampaknya beralih.
Dengan tubuh menggigil, aku duduk, tapi aku tidak kesulitan bernapas, dan aku tidak merasa sakit di dadaku.

“Apa yang terjadi…”

Apakah aku tidak seharusnya mmembuka jendela? 
Akan menjadi buruk jika aku tiba-tiba flu.
Jujur, aku tidak berpikir pasangan ini benar-benar menyukaiku.
Jika aku akhirnya menjadi demam, mereka pasti tidak akan menerimanya dengan baik. 
Dalam hal ini, aku menyimpulkan bahwa lebih aman untuk mengambil obat demam saja - tapi bagaimana aku akan melakukannya? 
Omong-omong, aku ingat saat ketika aku diberikan tur singkat berkeliling rumah, aku telah diberitahu di mana letak obat demam. 
Aku tidak tahu keberadaannya secara pasti, tapi karena aku telah diberitahu di mana itu, berarti mengambilnya tidak akan menjadi masalah.

“Hmm~…Kurasa aku akan pergi dan bertanya.”

Meminta izin dan menggunakannya sebagai kesempatan untuk bertanya di mana letaknya, aku akan membunuh dua burung dengan satu batu. Sebelum dinginnya memburuk, aku akan menghancurkannya. 
Aku berdiri, dan meninggalkan ruangan.

Dibandingkan dengan rumah yang aku dulu tinggali dengan rumah ini jauh lebih halus dan mewah. 
Tapi sekali lagi, rumah ini mungkin tidak melebihi standar rumah khas sebagian besar keluarga miliki. Bahkan pikiran bahwa rumah ini "mewah" hanyalah hasil dari cara aku dibesarkan. Jika seseorang mengatakan kepadaku "ini biasa saja," Aku pasti tidak akan bisa membantah pernyataan mereka.
Tapi tetap saja. 
Meskipun aku tidak pernah mengatakan hal ini - aku juga tidak memiliki niat untuk mengatakan itu - dekorasi di sekitar rumah dan lukisan yang tergantung di aula benar-benar tidak tampak sangat istimewa bagiku.
Berjalan di lorong, aku akhirnya menemukan patung yang begitu aneh, membuatku menggigil di punggung.
Entah kenapa, sayangnya, sebuah patung yang orang sepertiku tidak akan pernah mengerti. 
Meskipun aku tidak bisa menyalahkan pematung, sebagai orang yang harus membersihkannya setiap hari, aku benar-benar tidak bisa menahan untuk mengeluh, mengatakan hal-hal seperti "Mengapa kau tak bisa membuatnya lebih sederhana ?!" 
Melewati patung, aku membuka pintu ke dapur, dan melangkah masuk. 
Saat itu sekitar jam makan malam, jadi aku mengasumsikan bibiku akan berada di dalam, yang pasti sesuai, tapi sepertinya prediksiku telah salah. 
Bibiku tidak ada di manapun, dan dari tumpukan piring dan alat makan yang menunggu untuk dicuci di wastafel, aku bisa tahu bahwa persiapan untuk makan malam bahkan belum ada.

“Dia tidak di sini…huh. Aku harus bagaimana?”

Terlepas dari itu, aku tidak cukup bodoh untuk pergi keluar dari berusaha mencari bibiku di kamarnya. 
Tapi berpikir tentang bagaimana aku harus menunggunya di sini di dapur sampai dia datang membuatku sedikit tidak nyaman juga. 
Untungnya, ingatanku tentang di mana obat flu jelas sekarang bahwa benar-benar ada di dapur. 
Jika aku ingat benar, obat itu ada dii laci lemari. 
Terlalu berhati-hati juga membuatku tidak nyaman, jadi aku memutuskan untuk membuka laci, mengambil tablet jika ada di sana, dan kemudian segera kembali ke kamarku. 
Berdiri di dekat bagian belakang dapur, aku berjalan menuju lemari mewah. 
Itu pasti sudah baik jika aku melihat di mana aku akan dan berjalan, tapi untuk beberapa alasan, matakutertuju ke arah tumpukan alat makan. 
Dan pada saat itu, aku melihat pisau. 
Pisau Itu adalah replika yang tepat dari pisau pria itu gunakan untuk menusuk Ibu pada hari itu.

Rasa dingin mengalir di tulang belakangku sebagaimana denyut jantungku dipercepat. 
Tentu saja, ini bukanlah pisau yang benar-benar telah mengambil ibu dariku. Sebagai bukti, ada banyak tanda-tanda bahwa pisau ini telah digunakan sebelumnya.

Perlahan-lahan, aku mengulurkan tanganku menuju pisau. 
Memegang pisau pada pegangannya, aku membaliknya di tanganku, melihat bagaimana beratnya.
Bahkan dibandingkan dengan peralatan makan lainnya di rumah ini, sudah jelas bahwa tidak ada yang bisa dibandingkan dengan pisau ini. Ini pasti sangat mahal. 

“… Bagaimana kau bisa, Ibu? Meskipun kau membeli sesuatu yang mahal seperti ini, bagaimana mungkin kau mati tanpa menggunakannya bahkan sekalipun?”

Hari saat ia membeli satu set pisau, Ibu sudah berbicara dengan aneh. 
Meskipun tampaknya bahwa hari esoknya, dia sama sekali lupa tentang hal itu, aku masih ingat apa kata ibuku hari itu, matanya berkilau - “Dengan ini, kita akan dapat membuat makanan yang enak!”
——Dengan pikiran ini memenuhi pikiranku, hatiku penuh dengan rasa kesepian. 
Ingatan akan wajah ibu, suara dan bau tiba-tiba memukulku sekaligus. 
Ibu ...

“AAAAHHHHHHH!!”

Aku kehilangan kata-kata saat aku mendengar suara jeritan menusuk.
Ngeri dan menatapku dari pintu ada siluet dari bibiku, yang dari  perjalanan pulang untuk menyiapkan makan malam. 
Dari ekspresinya, itu tampak seolah-olah dia telah melihat rakasa, ketakutan tertulis di wajahnya. 
Oh tidak. 
Apakah dia takut karena aku sedang memegang pisau?

“Ah, aku sangat minta maaf! Aku mengambil hanya untuk melihatnya, itu saja!”

Aku panik meletakkan pisau kembali di atas handuk, dan menunjukkan tanganku yang kosong. 
Tentu saja aku tidak berniat menyerangnya sama sekali, jadi ini adalah hal terbaik yang dapat dilakukan. 
Semoga dia yakin sekarang. Aku takut jika dia melaporkan hal itnikepada seseorang, dan akan menjadi buruk.

Namun ... 
Apa yang telah aku lakukan tidak menenangkan bibiku kembali tapi telah membuat wajahnya menjadi lebih pucat daripada sebelumnya - ia sangat takut, seluruh tubuhnya mulai bergetar. 
Tidak peduli bagaimana aku melihatnya, jelas ada sesuatu yang salah. Apa yang dia takutkan? 
Sama seperti aku denga lembut bertanya apakah dia baik-baik saja, bibiku, dengan suara yang nyaris menjerit, mulai berbicara.

“Ke-kenapa kau…ap-apakah kau sebegitunya membenci kami?”

Kebencian ... tidak mungkin merasa seperti itu.
Aku sangat bersyukur bahwa mereka membiarkanku tinggal di sini.

“Ah, um, tolong tenanglah…”

Aku tidak mengerti apa yang dia katakan, tapi pertama aku ingin menyelesaikan kesalahpahaman ini, dan melangkah ke arah bibiku. 
Selain itu, tidak ada apapun di tanganku, tidak peduli bagaimana orang melihatnya, tidak mungkin itu tampak disengaja.

“Jangan…! J-jangan mendekat!”

Kerja keras saya semuanya sia-sia saja; saat ia berteriak tadi, bibiku melarikan diri ke arah koridor.

“Aah! T-tolong tunggu!”

Tanpa bergerak dari tempatku, aku meneriakkan ini, tapi sebelum aku bahkan menyelesaikan kalimatku, dia sudah membuka pintu, dan berlari ke suatu tempat. 
Klik! Hanya suara pintu ditutup bergema di seluruh ruangan. 
Oh tidak. Tidak tidak tidak. 
Ini sangat mengerikan. 
Aku tidak berniat melakukannya sama sekali, tapi aku telah menyebabkan kesalahpahaman besar.

“Ap-apa yang harus kulakukan?! Aaaah…”

Yang terburuk adalah, bahkan jika aku menunduk dan meminta maaf, waktu tidak akan berputar kembali. 
Aaah, kenapa aku melakukan hal-hal yang tidak perlu seperti itu lagi. 
Kalau saja aku patuh tetap tingal di kamarku. 
Kalau saja aku tidak mencoba untuk melakukan sesuatu yang bodoh seperti menemukan obat flu, ini tidak akan terjadi ... 
Pusing tujuh keliling, aku berbalik dan menatap pisau itu. 
Itu adalah kesalahan benda ini juga. 
Berapa banyak musibah yang benda ini sebabkan padaku? 
Melihat pisau elegan, berkilauan dalam cahaya seolah-olah mengejekku, tidak bisa menekan kemarahanku dan mulai meningkat.

“……hah?!”

Melihat pemandangan aneh ini, aku melemparkan pisaunya dengan ketakutan, dan duduk di lantai, terguncang. 
Aku menampar wajahku sendiri, tapi tampaknya tidak ada yang salah. Seperti yang diharapkan, tidak ada cara bagiku untuk menerima hal ini tanpa memeriksanya lagi.
Dalam kehebohan, aku berlari keluar dari dapur, melewati patung aneh, dan berlari ke kamar mandi. 
Pada saat itu, aku terkejut dari pantulan bayanganku sendiri dari cermin di atas wastafel.

“K-kenapa?”

Yang terpantul dari cermin bukan wajahku sendiri yang biasa aku lihat, tetapi wajah ibuku. 
Jika ini adalah benar-benar pertemuanku dengan Ibu, aku mungkin sudah berlari langsung ke pelukannya tanpa berpikir. 
Tapi tidak itu tidak mungkin. Ibu sudah mati.

Terlepas dari kenyataan bahwa aku menyaksikan  hal yang tidak mungkin, pikiranku entah bagaimana dengan tenang memahami segala hal.
Aku bersandar di arah cermin, dan mencoba mencubit pipiku. 
Tidak diragukan lagi, itu adalah wajah ibuku yang aku melihat, tapi sebaliknya aku bisa merasakan mencubit pipiku sendiri. 
Aku mendekat lebih dekat ke cermin. 
Aku mencoba membuka dan menutup mulutku, dan seolah-olah itu mencoba meniruku wajah Ibu di cermin juga bergerak.
Tidak salaha lagi, ini adalah aku. 
Aku bahkan tidak bisa membayangkan apa yang menyebabkan masalah seperti ini terjadi; Aku hanya tahu bahwa sekarang, aku tampak seperti ibuku. 
Saat aku menyimpulkannya, sesuatu yang lain masuk dalam pikiranku. 
Saat itu, swajah ini yang telah menyebabkan bibiku ketakutan dan melarikan diri. 
Jika itu terjadi, aku tiba-tiba mengerti mengapa ia bertindak seperti itu. 
Bayangkan berjalan ke dapur untuk membuat makan malam dan melihat seseorang yang seharusnya sudah berdiri di sana dengan pisau - itu masuk akal kalau dia ketakutan. Padahal, jika itu aku, aku akan langsung berjalan lurus ke dalam pelukannya.

Apapun, bagian penting adalah memutuskan apa yang aku akan lakukan dari sini. 
Melakukan sesuatu seperti melihat ke cermin dan mengatakan “Aku sangat merindukanmu” tidak hanya agak menakutkan, tapi menyeramkan juga. 
Alih-alih melakukan itu, aku harus kembali normal secepat mungkin. 
Dari bagaimana reaksi bibiku, dia mungkin pergi dan menelepon polisi; tidak mungkin aku bisa terus diam berdiri di sini dan menunggu. 
Pada saat yang sama, jika ada yang membuat kesepakatan besar dari “melihat kerabatku yang sudah mati di dapur,” polisi tidak akan langsung bertindak segera. 
Yang berarti aku masih punya sedikit waktu. 
Sekali lagi, aku menatap lekat-lekat wajah Ibu, terpantul dari cermin, tapi jelas tidak ada seperti tombol yang aku bisa tekan untuk kembali ke normal. 
Omong-omong, kapan tepatnya aku menjadi seperti ini? 
Pertama kali aku mengambil pisau, masih wajahku yang tercermin dari pisau. 
Tidak lama setelah itu, bibiku sudah datang dengan teriakan, yang berarti telah terjadi dalam waktu singkat. 
Dan pada saat itu, aku telah berubah menjadi karena ini ...

“T-tidak mungkin…”

Menutup mataku, aku memutuskan untuk menguji teoriku.
Hal-hal yang telah aku lakukan pada waktu itu - 
Aku punya “ingatan” Melihat ibu, suara dan bau. 
Lalu jika aku hanya “meningat” lagi, bisakah aku kembali ke diriku yang normal? 
Jika dunia ini memiliki metode bahkan idiot bisa memikirkan hal yang memungkinkan kita untuk santai mengubah cara kita melihat, aku yakin itu akan menyebabkan keributan besar. 
Itulah sebabnya aku tidak punya harapan yang sangat tinggi untuk ideku ini. 
Tapi aku memutuskan mencobanya, jadi aku memfokuskan pikiranku.
Ingat penampilan, suara dan bau.

…sekitar 30 detik berlalu. 
Meskipun aku tidak tahu berapa lama waktu menunggu yang ideal, aku tetap membuka mataku.

“Baiklah…ehhh?! Serius nih?!”

Ibuku yang  berdiri di sisi lain dari cermin sepenuhnya lenyap.
Dan penggantinya, adalah perempuan yang kutemui di taman sekitar dua bulan yang lalu. 
Tubuhnya, kulitnya, bahkan kedua matanya - ini adalah, tanpa diragukan lagi, apa yang aku bayangkan tentang perempuan itu. 

“A-apa bahkan ini, ini luar biasa ...!” 

Apakah aku pernah meskipun sesuatu karena hal ini “menarik” sebelumnya? 
Tidak, aku yakin bahwa tidak ada. 
Kejadian aneh ini terjadi di depan mataku diaduk dengan rasa ingin tahuku.
Tidak tahu apa yang akan terjadi berikutnya, aku tidak punya cara untuk menahan perasaan penuh harapku untuk hal-hal yang akan terjadi. 
Mata gadis itu tercermin dari cermin bersinar, seolah-olah dia sedang berbicara tentang “serangan rahasia.”
Aku tahu, ini adalah bagaimana perasanmu saat itu. 
Jika ini adalah bagaimana yang kau rasakan, sekarang aku bisa mengerti mengapa kau begitu ingin untuk melanjutkan percakapan kita.

Oh benar, meskipun aku telah membuat rencana untuk bertemu perempuan itu hari itu, aku akhirnya tidak mampu menemuinya.
Jika aku kebetulan bertemunya lagi, aku pasti akan menggunakan kekuatan ini untuk memberikannya kejutan. 
Sama sepertiku, di tubuh gadis itu, yang melompat-lompat di sekitar di depan wastafel, aku mendengar suara “klik” berasal dari pintu dalam rumah. 
Seluruh tubuhku menegang, dan aku mulai berkeringat penuh kebencian.

Mendengarkan dari dekat, aku mendengar bibiku mengatakan, “Ada orang yang mencurigakan! Tepat di sini…”
Begitu ya - dia melakukannya dengan baik, dia tidak. 
Dia mampu dengan cepat membawa polisi di sini dengan mengatakan bahwa ada “orang mencurigakan” daripada “hantu.”
Ini bukan saat yang tepat untuk bermain-main. 
Tidak - ini bukan waktu yang baik, dan sekarang situasi sekarang sudah serius. 
Untungnya, tidak tampak seperti mereka berencana untuk menyerobot masuk. 
Aku harus menggunakan kesempatan ini untuk kembali normal. Meskipun aku yakin bibiku akan bingung ketika ia melihat tidak ada seorang pun di dapur, ini adalah satu-satunya cara. 
Aku akan mencari cara untuk memperbaiki semuanya setelah ini. 
Menutup mataku ketat, aku bisa melihat seluruh gelap gulita.
Ingatlah ...!

“…ini sama sekali tak bekerja.”

Aku dengan marah berkeringat. 
Ini sangat buruk. Aku tidak bisa melakukan bagian yang paling penting sama sekali: mengingat "diriku sendiri." 
Selama bertahun-tahun hidupku, bagaimana aku bisa sebodoh ini? 
Sekarang aku berpikir tentang hal itu, aku tidak pernah benar-benar mengambil banyak foto, atau sangat sering aku benar-benar melihat ke cermin. 
Aku pasti tidak pernah mengenali suaraku sendiri, apalagi aromaku sendiri. 
Harapan memenuhi hatiku, aku membuka mataku - tapi bahkan berdoa hanyalah sia-sia, dan yang terpantul dari cermin masih perempuan itu, wajahnya pucat. 
Merasakan jejak mendekati di koridor, wajahnya menjadi lebih kaku. 
Bagaimana jika, seperti ini, aku ditangkap oleh polisi? 
Pasti akan menjadi masalah bagi perempuan itu.
Meskipun aku menyadari nyaman bahwa aku bisa berubah menjadi orang lain, sangat mustahil bagiku, yang lebat dan idiot, untuk dapat fokus.

“L-lagipula, aku harus bersembunyi dulu…!”

Di dalam kamar mandi, ada ruang yang terpisah untuk bak air.
Meskipun bersembunyi di sana bukan ide yang sangat baik, tetapi masih lebih baik dibandingkan tertangkap seperti ini. 
Setelah aku membuat keputusan, aku segera mulai bertindak.
Aku panik menuju ke kamar mandi.

“Ow!!”

Ada rasa sakit luar biasa di pinggulku. 
Aku tidak tahu iitu karena suaraku, tapi jejak langka kaki tampaknya mendekat ke arahku, dan menahan napas, aku tergelincir ke dalam bak air.
Seperti yang diharapkan, beberapa polisi menyerbu masuk ke ruangan. Melihat mereka mengkritisku, yang masih dalam bentuk perempuan itu, aku menjadi mengigil.
Bagaimana aku akan meminta maaf kepada perempuan ini. 
Tidak masalah bagi mereka untuk menatapku, tetapi jika keberadaan kekuatan ini terungkap, aku tidak diragukan lagi akan menjadi penyebab dari kasus ini. 
Jika itu terjadi, maka aku pasti akan berakhir dalam situasi yang sangat sulit. 
Hatiku diisi sampai penuh dengan penyesalan. Ah, persis bagaimana sembrononya aku. 
Saat aku putus asa atas kebodohanku sendiri, salah satu polisi mengulurkan tangannya padaku.

“Kau, tidak apa-apa? Apa yang terjadi?”

“Ah, bukan apa-apa, tak ada yang terjadi. Aku hanya terpeleset…”

Aku hanya mengatakan kebenaran yang sebenarnya.

“Begitu. Uh, apakah kau melihat seseorang?”

Pada saat itu, aku tiba-tiba sadar, tapi tetap tenang dan berkata, “Aku tak melihat siapapun…”
Saat aku menyelesaikan kalimatku, aku melihat bibiku di belakang polisi, gemetar ketakutan. 
Sudah berakhir. Tak ada jalan keluar sekarang. 
Bibiku pasti terkejut oleh penampilan orang asing ini, perempaun ini.
Aku akan dibawa ke suatu tempat, kemudian diinterogasi, kemudian ... hanya berpikir tentang hal itu membuat saya ketakutan. 
Tetapi berbeda dengan pikiranku, bibiku mengatakan sesuatu yang tidak terduga sama sekali.

“Shuuya, apa yang kau lakukan?’

“Eh?”

Meskipun seolah-olah dipanggil dengan namaku adalah benar-benar hal yang aneh, tapi dalam situasi ini, kata itu sangat penting. 
Aku panik berdiri dan melihat sekilas di cermin - yang terpantul dari cermin, sedang berlinang air mata, adalah aku dalam tubuhku.



“S-Shuuya? Apa yang sedang kau lakukan?”

Aku mengabaikan bibiku, dan merenungkan apa yang telah membuatku untuk berubah kembali.

“…ini sakit”

Kesimpulan yang kudapatkan serasa sangat ironis.
Rasa sakit yang aku rasakan di pinggulku ketika aku tersandung. 

Apa yang aku rasakan terhadap rasa sakit itu, pasti, adalah  ‘ingatan tentang diriku sendiri.’

Meskipun aku selalu percaya bahwa yang aku gunakan untuk rasa sakit, tampaknya aku telah benar-benar salah
‘Rasa sakit’ ada bagian dari ‘diriku’ yang aku bisa rasakan; satu-satunya penggalan dari ‘identitasku.’
Untuk hanya dapat mengidentifikasi diri melalui rasa sakit, betapa sedikitnya hal menarik dalam diriku?
Orang lain yang ada menatapku dengan cemas, tapi aku hanya tertawa pada kebenaran yang absurd yang telah ketenemukan ini.


…kekuatan untuk menyamarkan diri dan menipu orang lain. 
Dibandingkan dengan bagaimana aku rasakan ketika pertama kali menemukan kemampuan menakutkan ini, sekarang aku - aku terkejut sendiri - dan menyambutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar